Trending

10 Bahan Alami Yang Baik Di Konsumsi, Bikin Sehat Dan Awet Muda.




Selain perawatan dari luar seperti penggunaan body lotion dan rutin berlulur, kesehatan dan kecantikan kulit juga harus didukung dari dalam tubuh. Berikut 10 bahan alami yang baik dikonsumsi dan memiliki dampak kulit yang sehat dan awet muda.



Brokoli

Secara umum, semua sayuran tinggi nutrisi sehat, termasuk serat, antioksidan dan rendah kalori. Dan tentunya juga sangat baik untuk kesehatan, khususnya kulit yang bersih, indah, dan kencang.

Brokoli mengandung beragam antioksidan dan vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K dan vitamin E. Semua vitamin ini yang berperan sangat penting untuk menjaga kulit agar bersih dan bercahaya. Satu lagi manfaat brokoli, yaitu sangat rendah kalori.

Anda bisa menyantap brokoli dengan berbagai cara, bisa dengan direbus terlebih dahulu atau langsung dimakan secara mentah bersama salad.





Salmon

Salmon memang terkenal memiliki kandungan omega 3 yang sangat banyak dibandingkan ikan-ikan yang lain. Selain membuat otak menjadi pintar, salmon juga mampu merawat dan menjaga kulit agar sehat dan tetap kencang.

Ikan ini mengandung kalium (10%) 490 mg Omega-3 asam lemak yang dikenal memiliki anti-inflamasi (anti-inflamasi), yang dapat melindungi kulit terhadap kanker kulit dan memperlambat proses penuaan dini.

Daging salmon yang sudah di-filletbiasa dijadikan topping untuk sushi. Variasi menyantap ikan salmon juga bisa dengan dipanggang bersama perasan lemon.





Teh Hijau

Teh hijau banyak dikonsumsi karena memberi efek menenangkan dan aromanya yang wangi membuat tubuh rileks dan segar. Untuk kulit, teh hijau berperan sebagai penangkal radikal bebas dan menghindari peradangan kulit dari sinar matahari.

Untuk menemukan berbagai olahan teh hijau tentu mudah. Bahkan produk perawatan kulit yang memiliki varian teh hijau banyak dijual di pasaran.






Buah Berry

Buah ini terkenal kaya akan antioksidan yang berguna untuk tubuh. Buah seperti strawberry, blueberry, dan gojiberry memiliki kandungan vitamin A, C, E yang berdampak baik bagi kesehatan dan juga nutrisi untuk kulit. Buah berrybisa disantap secara langsung atau dibuat minuman dengan cara dijadikan jus.









Tahu

Teksturnya yang lembut dan kenyal ternyata mampu membuat kulit cerah bersinar. Tofu atau yang lebih sering dikenal tahu ini memang merupakan makanan Indonesia yang sehat. Banyak mengonsumsi tahu bisa mencegah kanker dan peradangan kulit.

Cara mengolah tahu pun sangat mudah, bisa ditambahkan pada masakan seperti tumis kacang panjang, cap cay, dan lain sebagainya. Menyantap tahu polos yang hanya direbus juga tak kalah sedap.






Yoghurt

Yoghurt mengandung lactic acidberfungsi mengangkat kulit mati, sehingga kulit menjadi halus dan cerah. Anda bisa gunakan yoghurt sebagai scrub wajah atau lotionyang berguna untuk mendinginkan kulit yang terpapar sinar matahari.

Kandungan zinc dan vitamin B dapat memperlambat kerutan, menghilangkan garis-garis halus di wajah, melembapkan kulit, dan mengencangkan pori-pori.







Tomat

Tomat terkenal kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang buruk untuk kuilt. Tomat mengandung zat lycopene yang bisa melarutkan bahan-bahan kimia yang berdampak pada penuaan di dalam tubuh. Zaman dulu tomat dipercaya bisa membuat wajah cerah dan pipi merah.

Cara mengonsumsi tomat bisa dengan berbagai cara. Memakannya langsung pun lezat atau bisa dibuat jus atau sup. Tomat juga bisa digunakan sebagai masker wajah, dengan mengirisnya satu-satu lalu letakkan pada wajah. Air yang terdapat dalam tomat mampu memberikan efek dingin dan menyegarkan kulit.






Avokad

Kandungan vitamin E yang dimiliki avokad bersifat anti-aging, mengurangi kerutan di wajah. Minyak yang dikandung avokad mampu meremajakan dan melembapkan kulit. Buah ini memiliki lemak sehat yang dapat menjadikan kulit kenyal.

Cara mengolah avokad untuk kecantikan kulit juga berbagai macam, bisa dengan dijadikan lulur atau masker dengan cara menghaluskan daging buahnya.







Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan mineral dan serat yang baik bagi kulit. Kacang hijau dan kacang merah terkenal dengan manfaat yang mampu melembapkan dan mengenyalkan kulit. Kacang hijau memiliki fungsiastringent, yaitu untuk menyejukkan kulit.

Kacang merah dengan kandungan vitamin B2 menjaga kesehatan kulit. Sedangkan kacang kenari yang kaya akan asam lemak esensial mampu menjaga keelastisan dan memperbaiki tekstur kulit.







Air mineral

Siapa yang tidak tahu manfaat yang dimiliki air mineral? Selain baik untuk pencernaan, air mineral mampu menjaga kelembapan dan keelastisan kulit.

Minum 6-8 gelas air mineral untuk menghindari tubuh dari dehidrasi dan kulit kering. Banyak konsumsi cairan memiliki banyak manfaat, namun cairan terbaik bagi tubuh adalah air mineral.





Sumber : http://nova.grid.id/Kesehatan/Wanita/Brokoli-1-Dari-10-Makanan-Yang-Bikin-Awet-Muda