Trending

Atasi Penyakit Lambung Dari Gejala Ringan & Kronis Sampai Tuntas #Aksisehatceria

Apakah anda sedang mengalami hal ini  :
  • ·         Perih di bagian lambung
  • ·         Berat badan menurun
  • ·         Sakit kepala
  • ·         Masalah Pada pernapasan
  • ·         Badan menjadi lemas / loyo
  • ·         Perasaan was-was / khawatir berlebih
  • ·         Perasaan ragu-ragu
  • ·         masalah buang angin
Itu adalah beberapa gejala  penyakit lambung dari yang ringan sampai kronis, banyak dari mereka yang meremehkan penyakit lambung, penyakit ini biasanya muncul  karena kesalahan pola makan dan bisa juga disebabkan oleh kondisi stress berlebih yang menimpa seseorang, banyak  penderita penyakit ini yang akhirnya  meninggal dunia, oleh karena itu penyakit ini tidak boleh di anggap remeh.

 Gambar masalah pada lambung
seorang pria berusia sekitar 60 tahun bercerita kepada penulis, bahwa ia mempunyai banyak penyakit di dalam tubuhnya yang awal mulanya di sebabkan dari penyakit lambung, sejak usianya masih muda ia sudah menderita penyakit lambung , ia rutin minum obat dan jamu untuk mengobati lambungnya tersebut, setelah lambungnya  sembuh beliau menderita penyakit ginjal dan penyakit  lain yang menyusul setelahnya, karena di sebabkan salah dalam cara mengkonsumsi  jamu.  
Penyakit seperti darah tinggi, stroke, kanker merupakan salah satu penyakit yang awal mulanya bisa berasal dari penyakit pencernaan termasuk penyakit lambung. Selain itu penyakit lambung  yang sudah parah juga dapat menyebabkan masalah gangguan psikis bagi penderitanya yakini perasaan was-was / khawatir berlebihan dan perasaan ragu-ragu.
Beberapa Cara untuk mengobati penyakit lambung :
·        1.   Minum jamu olahan kunyit dan temulawak

     kunyit dan temulawak mempunyai nutrisi yang baik untuk Mengatasi masalah pada lambung,  nyeri atau tingginya asam lambung.
Berikut 2 cara penyajian minuman jamu kunyit yang baik yang bisa anda buat sendiri di rumah : 
  1.  1 siyung  biyang  kunyit dan ½  siyung  temulawak di cuci  dan di bersihkan kulitnya  kemudian di parut, hasil parutan di rebus dengan air sampai  mendidih atau langsung di campur dengan air panas, selanjutnya  hasil rebusan atau campuran di saring dengan kain untuk memisahkan air dari ampas kunyit dan temulawak.                                                                     

  2.  1  siyung biyang Kunyit dan ½  siyung temulawak di cuci dan di bersihkan kemudian potong kecil-kecil lalu di rebus Sampai mendidih. Anda juga dapat mencampurkan gula merah pada proses perebusan, agar rasanya tidak terlalu pahit ketika diminum.
Olahan jamu tersebut dapat di minum pada 2 kali sehari atau diminum pada saat gejala sedang  muncul.
Meskipun dengan menggunakan kedua cara tersebut butiran ampas menjadi lebih sedikit,
Bagi anda yang meminumnya  secara rutin usahakan untuk tidak meminum sisa-sisa endapan agar tidak menyebabkan masalah pada ginjal, olahan jamu di minum setelah 10 menit sambil menunggu butiran ampas jatuh, setelah selesai minum,  di sarankan untuk minum air putih secukupnya.
·        2. Tenangkan pikiran dan hindari stress
Serumit apapun hal yang sedang anda pikirkan anda harus selalu menjaga pernapasan anda dengan baik, sebab dari aktifitas berpikir yang salah membuat kita lupa mengatur pernapasan  dengan baik yang dapat menyebabkan  kurangnya oksigen di kepala yang dapat memicu stress sehingga dari situlah timbul masalah penyakit lambung.
penyakit lambung dan sakit kepala yang di sebabkan stress berlebih  mempunyai hubungan timbal balik, jadi jika kita stress hingga membuat kepala kita terasa sakit dapat menjalar ke masalah lambung, sebaliknya jika kita sakit lambung dengan kondisi yang buruk kepala kita pun akan merasakan sakit.

·         3. Hindari makan- makanan yang berminyak, kopi, asam, pedas,dan mie instan
mengkonsumsi makanan seperti goreng-gorengan yang berminyak, pedas, asam, mie instan, dan minum kopi dapat menyebabkan kondisi nyeri dan sakit bagi penderita lambung, terkadang ketika penderita lambung mengkonsumsi kopi setelah itu timbul gejala seperti di tusuk,oleh karena itu beberapa makanan ini harus di hindari bagi penderita penyakit lambung.
·        4. Minum air putih secara teratur
Minum air putih secara teratur sangat penting bagi metabolisme tubuh kita  dan untuk membantu fungsi tubuh kita tetap terjaga. Karena jika ada salah satu bagian tubuh kita yang bermasalah
Akibatnya masalahnyapun dapat menjalar ke bagian tubuh yang lain termasuk lambung.
·        5. Konsumsi madu murni
Madu merupakan obat segala macam penyakit, penderita penyakit lambung juga di sarankan untuk mengkonsumsi madu murni  sebagai obat, jangan salah dalam mengkonsumsi madu karena madu yang tidak murni malah dapat berbahaya untuk penderita penyakit lambung sebab beberapa madu yang tidak murni yang beredar di pasaran rasanya sedikit asam dan juga kandungan gula buatan yang tidak baik untuk sistem pencernaan, akibatnya dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan dan saluran pencernaan lainnya.
·        6. Makan sayur-sayuran 
Makan sayur sangat baik untuk sistem pencernaan kita, sayur seperti brokoli  juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh, sebab kolestrol yang tinggi dapat membuat bagian kepala terasa sakit yang memungkinkan dapat memicu atau menimbulkan penyakit lambung jika di biarkan saja tanpa upaya pengobatan.

9 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan

·        7. Makan parutan singkong mentah
Orang tua dulu menyuruh makan singkong mentah yang di parut untuk mengobati  sakit lambung, ternyata memang sangat ampuh untuk mengobati penyakit lambung dan tidak salah bagi anda untuk  mencobanya.

·        8. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang
Makan yang berlebihan sangat tidak baik untuk pencernaan apalagi untuk penderita penyakit lambung, karena pencernaan yang sedang bermasalah di tambah lagi beban untuk mencerna makanan yang lebih banyak.
Untuk mengobati lambung, kita perlu memperhatikan  porsi makan kita, di anjurkan untuk tidak berlebihan , makan dalam porsi yang cukup dan di anjurkan Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.
·      9. Lakukan aktifitas fisik dan istirahat yang cukup
Lakukan aktifitas fisik untuk menjaga kebugaran tubuh, tetapi jika kondisi tubuh lemas / loyo akibat sakit lambung di harapkan untuk tidak melakukan aktifitas fisik yang berat, di anjurkan untuk istirahat, menjaga pola makan, tidur secara teratur dan menghindari stress, setelah kondisi sudah membaik maka di perbolehkan melakukan aktifitas fisik yang berat.
·     10. Dukungan jasmani dan rohani dari kerabat dekat
Bagi anda yang mempunyai anggota keluarga yang memiliki penyakit lambung yang sudah kronis, dukungan anda Sangat di butuhkan, pastikan anda selalu memperlakukannya dengan baik, menjaga fikirannya tetap tenang, memberikan makanan yang baik dan menghindarkan makanan yang pantang, karena itu semua untuk proses penyembuhannya agar lebih mudah.
penyakit lambung sangatlah menggangu bagi seseorang, banyak hal atau pekerjaan yang harus di selesaikan oleh seseorang  tetapi terganggu dengan masalah lambung yang membuat tubuh menjadi sulit untuk melakukan aktifitas dengan baik, jika anda mengalami masalah gejala ringan pada lambung segeralah mengobatinya agar tidak memburuk, bagi anda yang sudah mengalami masalah gejala kronis pada lambung mintalah dukungan dari kerabat dekat seperti orang tua atau istri untuk membantu dalam penyembuhannya dengan mengikuti cara-cara yang sudah di sebutkan di atas.
Demikian beberapa cara mengobati penyakit lambung yang dapat di gunakan untuk gejala ringan sampai gejala yang sudah kronis, semoga bermanfaat dan dapat di praktekkan dengan baik untuk anda yang sedang mengalami masalah penyakit lambung.